BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Selasa | 31 Oktober 2017 | 12:57:38 WIB

MEGAPOLITAN

WIKA Jelaskan Jatuhnya Movable Gantry BORR Seksi IIB

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
WIKA Jelaskan Jatuhnya Movable Gantry BORR Seksi IIB
BERITANUSANTARA.com,- Bogor(BN)PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) sebagai kontraktor pelaksana proyek BooR seksi II B menyampaikan insiden jatuhnya movable gantry Proyek Bogor Outer Ring Road Seksi IIB (Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin), Rabu (26/10/17) sebagai berikut:

1. Proyek Bogor Outer Ring Road Seksi IIB (Ruas Kedung Badak - Simpang Yasmin) adalah proyek jalan layang tol yang dibangun untuk mengurai kemacetan sepanjang Jalan Sholeh Iskandar, Kota Bogor dan memberikan kenyamanan bagi pengendara mobil yang akan keluar menuju Jakarta akses Jagorawi. Jalan layang yang rencananya akan dioperasikan kuartal I Tahun 2018 ini telah memasuki progress 60 persen dan memasuki sequence pekerjaan pemasangan parapet

2. Pada hari Rabu tanggal 26 Oktober 2017 Proyek Bogor Outer Ring Road Seksi IIB (Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin) melakukan setting elevasi bekisting parapet untuk segmen P36-
P37 di area Jalan KH Sholeh Iskandar, Kota Bogor. Pekerjaan serupa telah dilaksanakan selama 1 bulan menggunakan movable gantry setinggi 6 meter untuk memasang plat bekisting
sepanjang masing-masing 3 meter dengan berat 200 kg. Sesuai prosedur safety untuk pekerjaan ini, WIKA selalu memastikan bahwa area dimana dilakukan pekerjaan telah terisolir dan aman dengan cara menempatkan barrier dan flagman di bawah lokasi konstruksi jalan layang yang sedang dikerjakan.

3. Pada pukul 16.30 pelat bekisting terakhir telah terpasang dan proses setting telah selesai. Sebelum melepas hoist (pengait) dari pelat bekisting, pekerja harus memastikan pelat telah terpasang sempurna dan meletakkan remote di rangka movable gantry. Disaat yang bersamaan, cuaca yang sebelumnya telah mendung kembali berangin dan menyebabkan remote tersentak sehingga menggerakkan winch dan menyebabkan hoist yang masih terkait pada pelat bekisting menarik movable gantry dan membuat alat tersebut tertarik ke bawah dan jatuh di bawah lokasi konstruksi.

4. Dengan standar pengamanan yang dilakukan secara preventif untuk sequence pekerjaan ini, dipastikan bahwa jatuhnya alat ini tidak menimbukan korban jiwa, luka maupun materiil. Tim proyek segera melakukan koordinasi dengan aparat pemerintah setempat dan dinas terkait yakni Polisi dan Dinas Perhubungan untuk pemulihan kondisi terdampak agar kembali normal dan pada pukul 17.30 alat yang jatuh tersebut sudah dievakuasi dan kondisi terdampak telah normal kembali.

5. Dengan kejadian ini WIKA akan meningkatkan tindakan pencegahan terhadap kejadian serupa dan kejadian lain yang dapat membahayakan dengan lebih mengantisipasi kondisi cuaca yang memburuk. Insiden ini telah dipastikan tidak akan mempengaruhi jadwal pekerjaan dan jalan layang ini akan dapat dioperasikan sesuai rencana. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dengan komitmen untuk menjadi bagian dari pembangunan fasilitas publik yang akan meningkatkan kenyamanan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan publik yang diakibatkan oleh kejadian ini.

"Kami senantiasa memegang komitmen untuk mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam pelaksaan pekerjaan Proyek Bogor Outer RingRoad Seksi IIB (Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin) dan seluruh proyek yang dikerjakan oleh WIKA," ungkap Sekretaris Perusahaan PT WIKA, Puspita Anggraini kepada redaksi,(rhd)
News Update