BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Kamis | 25 Mei 2017 | 09:25:25 WIB

HUKUM

Sanggahan Pihak AMPHURI Terkait Pemberitaan Adanya Pungli Perjalanan Umrah

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Sanggahan Pihak AMPHURI Terkait Pemberitaan  Adanya Pungli Perjalanan Umrah
BERITANUSANTARA.com,- BeritaNusantara | Jakarta, Rabu (24/5) Bertempat di kantor DPD AMPHURI ( Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia), Imam Bashori selaku Wakil Ketua Umum bidang Haji mengklarifikasi terkait pemberitaan adanya pungutan liar sebesar 15$/visa yang dilakukan 4 Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah.

“Berkaitan isu ataupun pemberitaan yang dilontarkan beberapa hari belakangan, bahwa asosiasi – asosiasi i Haji dan Umrah ini memungut biaya pungutan liar dari jamaah ataupun travel yang mengurus visa, menurut kami itu pemberitaan-pemberitaan yang tidak bertanggung jawab,kenapa ? proses visa melalui Amphuri dan Amphuri memungut biaya, menurut kami itu hal yang wajar-wajar saja, bukan pungli melainkan sebagai kontribusi. Sumber dari kegiatan asosiasi itu adalah dari kontribusi bukan dari hasil kerja atau usaha Amphuri. Setiap travel yang mengajukan visa melalui Amphuri harus memberi kontribusi yang akan dikelolah untuk kegiatan asosiasi tentunya, dan para anggota kami pun sudah sepakat akan hal ini,” Ungkap Imam.

“ Sekarang ini kan sedang marak travel yang gagal memberangkatkan jamaahnya, itu tidak ada kaitannya dengan biaya kontribusi kepada asosiasi. Sejauh ini, sebanyak 229 travel anggota Amphuri tidak ada yang mempersoalkan hal tersebut dari sejak musim awal pada November 2016 lalu dan nilai 15$ ini sudah menjadi kesepakatan asosiasi penyelenggara haji dan umrah dan disetujui masing-masing anggota asosiasi penyelenggara haji dan umrah tersebut.”

“Menurut saya saat ini untuk haji maupun umrah sudah nyaman dan stabil, namun bagaimana pun juga kestabilan ini ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Dulu sebelum dikelolah asosiasi penyelenggara haji dan umrah, harga visa pernah mencapai 150 $, bahkan di bulan Ramadhan hingga 300 $. Itulah mengapa dibentuknya asosiasi untuk mengelolah dan melindungi jamaah,” tambah Imam.

Disinggung mengenai langkah yang akan diambil Amphuri terkait pemberitaan pungli yang dilakukan oleh asosiasi penyelenggaraam haji dan umrah, Imam mengatakan “kami akan berdiskusi dengan kuasa hukum kami, dan dalam waktu dekat kami akan mengundang media untuk mengklarifikasi pemberitaan tersebut,” tutup Imam.
News Update