BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Selasa | 16 Agustus 2016 | 15:56:39 WIB

LIPUTAN KHUSUS

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Berikan Penghargaan Transmigran dan Pembina Teladan 2016

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Berikan Penghargaan Transmigran dan Pembina Teladan 2016
BERITANUSANTARA.com,- Pemerintah memberi penghargaan kepada transmigran teladan dan pembina permukiman transmigrasi teladan sebagai upaya memberikan motivasi dan perhatian kepada mereka yang sudah mensukseskan program transmigrasi. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo pada hari Senin 15 Agustus 2016 di Kantor Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Pada tahun 2016, pemilihan teladan tingkat nasional diikuti oleh 21 orang transmigran teladan dan 21 orang pembina permukiman transmigrasi teladan. Aspek penilaian transmigran teladan meliputi pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat dan ekonomi, ujar Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Roosari Tyas Wardhani. Ditambahkannya, untuk aspek penilaian pembina permukiman transmigrasi teladan meliputi kompetensi,kepemimpinan, pelaksanaan tugas dan keberhasilan tugas.

Untuk kategori Transmigran Teladan juara 1 diraih oleh Munaksan dari Provinsi Sulawesi Tengah, juara 2 Munjung dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, juara 3 Disro dari Provinsi Sumatera Selatan, juara harapan 1 Maryono Adi Putro Provinsi Kalimantan Utara, harapan 2 Yohanes Umbu Provinsi Nusa Tenggara Timur, harapan 3 I Gusti Alit Provinsi Maluku.

Untuk kategori pembina permukiman transmigrasi teladan juara 1 diraih oleh Firman Hidayat Provinsi Kalimantan Utara, juara 2 Handri Yanto Provinsi Kalimantan Barat, juara 3 Moh Arifin Provinsi Sulawesi Selatan, juara harapan 1 Akhmad Provinsi Nusa Tenggara Barat, harapan 2 Muhamad Soewakil Provinsi Maluku, harapan 3 Christophel Altadapi Surangku Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurut Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, progam transmigrasi bisa menjadi contoh dalam pembangunan desa dan percepatan pembangunan nasional sesuai dengan keinginan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo”.

Pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi telah berkontribusi terbentuknya 1.183 desa definitif, 385 kecamatan, 104 kabupaten/kota, dan 2 Provinsi yaitu Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara, ujar Eko Putro Sandjojo. Kedepannya Eko Putro Sandjojo akan terus menjalin kerjasama dengan beberapa lintas sektor seperti BUMN, BULOG, dan pemerintah daerah untuk membantu memasarkan produk dari setiap kawasan transmigrasi di Indonesia.

Penghargaan transmigran teladan dan permukiman transmigrasi ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Francis, Direktur BULOG, serta para anak transmigran yang memperoleh beasiswa kuliah di Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Kedepannya diharapkan para transmigran dan pembina teladan mampu menjadi motivator, fasilitator, pelopor pembangunan, mendorong partisipasi masyarakat, dan melakukan terobosan-terobosan baru untuk mempercepat perkembangan dan kemandirian permukiman transmigrasi di Indonesia.(guruh)
News Update
  • Pruduk Smart TV HISENSE Hadir di Electronic City

    MEGAPOLITAN | 12 Desember 2017 | 21:57 WIBJakarta, Selasa (12/12) Bertempat di Electronic City SCBD-Jakarta Selatan, brand TV yang sukses menjadi TV no.1 di China selama 13 tahun, HISENSE memperkenalkan produk TV terbaru mereka di tanah air
  • Ketum LIRA Jihan Dan Rezka Selain Itu Palsu

    HUKUM | 09 Desember 2017 | 14:01 WIBJakarta,Beritanusantara.com,- Pendiri dan sekaligus Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) HM. Jusuf Rizal memberikan keterangan bahwa DPP Perempuan Lira hanya dipimpin Ketum, Hj. Jihan Savitri
  • Jelang HARBOLNAS Lazada Umumkan TV Show Perdana Lazada

    LIFESTYLE | 08 Desember 2017 | 20:18 WIBJakarta, Jumat (8/12/17) Jelang puncak pagelaran HARBOLNAS 12.12, sebagai salah satu founding father pagelaran perayaan ini, LAZADA menghadirkan rangkaian acara serta promo menarik, salah satunya