BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Kamis | 21 April 2016 | 10:18:34 WIB

NUSANTARA

WANANDRI Selenggarakan Malam Dana Untuk Menggelar Pendidikan Dasar 2016

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
WANANDRI Selenggarakan Malam Dana Untuk Menggelar Pendidikan Dasar 2016
BERITANUSANTARA.com,- Jakarta,BeritaNusantara.com,- Bersendi cita-cita dalam pendirian Wanandri pada tahun 1964, melalui sebuah proses pembelajaran dan pendidikan yang panjang penuh tantangan, pada usiannya yang ke 52 tahun Wanandri menjelma menjadi sebuah proses pembelajaran dan pendidikan yang panjang penuh tantangan, pada usianya yang ke-52 tahun wanadri menjelma menjadi sebuah organisasi pendidikan dalam bentuk yang sangat khas, menciptakan model Pemuda Indonesia ideal dengan karakter unggul berdasarkan ideologi Pancasila.
Perhimpunan Penempuh dan Pendaki Gunung (WANANDRI), akan menggelar pendidikan dasar bagi anggota baru pada30 Juli hingga 28 Agustus 2016. Selain itu, Wanadri juga akan menggelar ekspedisi bagi para anggota muda Wanadri.
Wakil Komandan Latihan Pendidikan Dasar Wanadri 2016 Kusnandar Badawi saat acara pengumpulan dana di Hotel Darmawangsa Jakarta, menuturkan, untuk pendidikan dasar saat ini akan masuk dalam tahap seleksi. Sebanyak 250 peserta dari 57 kota di 20 provinsi sudah terdaftar mengikuti kegiatan tersebut, selain merupakan wahana pendidikan karakter melalui kegiatan di alam terbuka penyelenggaraan PDW 2016 juga dimaksudkan untuk mempertahankan semangat nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia.
Pada 16 April ini mulai seleksi, dimulai dari tes medis, psikologi, fisik, dan seterusnya. Yang lolos akan masuk pendidikan dasar selama satu bulan, kata Kusnandar, Selain itu, pada Juni nanti para anggota baru Wanadri yang berjumlah sekitar 38 orang akan menjalani ekspedisi untuk mendapatkan nomor pokok Wanadri. Sebagian akan melaksanakan ekspedisi arus deras di salah satu sungai di Sulawesi yang belum pernah dijelajah. Sementara, sebagian lainnya mengikuti ekspedisi tebing yang tingginya tiga kali tinggi Monas di Kalimantan Timur.
Badawi menegaskan, hal ini ditujukan lantaran karakter dan rasa cinta tanah air yang kental merupakan kunci utama dari nasionalisme. Kamki menyakini banyak pemuda-pemudi Indonesia masih memiliki nasionalisme yang kuat, serta cinta tanah air yang mendalam. Dari fakta itu kami hadir untuk mewadahi sekaligus bersama-sama menjaga semangat dalam menguatkan karakter yang sudah ada, ujar Badawi.
Disamping PDW 2016, dalam rangka mengembangkan potensi anggotannya ini WANANDRI pun berencana menyelenggarakan ekspedisi Sungai Salu di Sulawesi Tengah dan pemanjatan Tebing Kulat di Kalimantan Timur.
Ketua umum Wanandri Ardya Rifiantara menuturkan selain ditujukan guna membuka khasana informasi wilayah-wilayah terpencil, dua ekspedisi WANANDRI juga merupakan representasi tujuan organisasi dalam memberikan sumbangsih pada masyarakatat Indonesia.
Dalam ekspedisi nanti kami juga akan memberikan sumbangsih dalam bentuk edukasi kepada masyarakat di sekitar lokasi ekspedisi. Semoga ekspedisi Salu Uro dan Tebing Kulat bias menjadi pematik semangat bagi anak-anak muda Indonesia untuk lebih mengenal wilayah Indonesia bahkan kawasan-kawasan yang remote. Kami mohon doa Tutur Ardya.
Seperti diketahui bahwa Wanandri merupakan organisasi pengiat alam bebas tertua di Indonesia. Resmi berdiri pada 16 Mei 1964, saat ini Wanandri telah memiliki tak kurang dari 1000 anggota teregister mulai kalangan mahasiswa, seniman, pegawai swasta, pejabat dan militer, hingga tokoh nasional, seperti Solahuddin Wahid, Iwan Abdurachman, Kuntoro Mangkusubroto, Sarwono Kusumaatmadja, Erry Riyana Hardjapamekasan, Agus Prabowo, Endiartono Sutarto, Sutiyoso, Prabowo Subianto dan banyak lagi imbuh Ardya.
Ardya menerangkan bahwa dalam empat tahun terakhir, WANANDRI telah melakukan Ekspedisi 7 Puncak Tertinggi di dunia (7 summits), Ekspedisi Terbang Solo Sabang-Merauke dalam rangka memperingati 100 tahun kebangsaan Nasional hingga Ekspedisi 92 Pulau Terdepan Indonesia.(Guruh)

News Update