BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Minggu | 20 Desember 2015 | 22:07:26 WIB

NUSANTARA

Jawa Barat dapat Kehormatan dengan ditempatkannya Gong Perdamaian Nusantara ke-6

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Jawa Barat dapat Kehormatan dengan ditempatkannya Gong Perdamaian Nusantara ke-6
BERITANUSANTARA.com,- Wakil Gubenur Jawa Barat, Deddy Mizwar meresmikan Gong Perdamaian Nusantara versi Istimewa di Balai Pengelolaan Anjungan Jawa Barat TMII, Minggu 20 Desember 2015.

"Propinsi Jawa Barat saat ini menjadi multi etnik dari berbagai suku yang berada di Indonesia. Alhamdulillah di Jawa Barat, kerukunan tetap terjaga dan kondusif, hingga keamananan dan kenyamanan etnis tetap terjaga. Terbukti belum ada yang terjadi bentrokan antar etnis/ suku yang menetap/tinggal di Propinsi Jawa Barat," kata Deddy Mizwar.

Deddy menambahkan, propinsi Jawa Barat sangat bangga mendapat kehormatan dengan di tempatkannya Gong Perdamaian Nusantara yang ke 6 di Indonesia.

Sementara, Presiden Gong Perdamaian Nusantara, Djuyoto Suntani mengatakan, hanya ada lima titik penempatan Gong Perdamaian Nusantara di Indonesia yakni, di Yogyakarta, Kupang (NTT), Singkawang (Kalbar), Palu (Sulawesi Tengah) dan Serdang Bedagai (Sumatera Utara).

"Di Anjungan Jawa Barat ini merupakan Gong Perdamaian Nusantara yang istimewa. Sebab, ini merupakan gong ke 6. Seharusnya kami sudah menetapkan hanya 5 Gong, maka penempatan gong ke 6 ini, merupakan hal yang istimewa. Keberadaan Gong Perdamaian Nusantara diharapkan dapat menyatukan semua ego-ego yang akan kita akomodir dalam satu yakni, Gong Perdamaian Nusantara," imbuhnya.

Lebih lanjut katanya, keberadaan Gong Perdamaian Nusantara juga istimewa dengan tempat yang istimewa pula. "Bahwa apa yang kita tanam hari adalah sejarah dan akan dikenang sepanjang masa," katanya lagi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari, menyampaikan edisi gong istimewa ini diberi ijin dititipkan di Anjungan Jawa Barat. "Kami yakin ini sebuah dukungan, sebagai ke-Bhineka Tunggal Ika, artinya berbudaya yang lengkap," ujarnya.

Dia menambahkan, gong ini juga merupakan warisan nusantara, termasuk juga Kujang, yang juga memiliki nilai-nilai kearifan lokal.

Selain rangkaian peresmian Gong Perdamaian Nusantara, ditempat yang sama diselenggarakan juga acara lomba robot kompetisi kecerdasan & kreativitas putra-putri bangsa tingkat SD dan SMP dalam Grand Final Olimpiade Robotika Sindo 2015 se- Jabotabek dan peluncuran buku karya Jully Tjindrawan "Robot is My Friend".

Jully Tjindrawan adalah pendiri sekaligus Direktur Robotic Explorer. "Buku ini berisi sebuah ensiklopedia robot yang mengupas robotika internasional dan lokal. Memberikan pengetahuan bagi anak dan remaja dengan komik yang menarik, juga menumbuhkan kecintaan akan tanah air melalui informasi robotika dalam negeri. Buku ini juga menjadi momentum bagi karya anak bangsa," ungkap Jully.
News Update