BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Kamis | 15 Maret 2018 | 04:11:55 WIB

LIPUTAN KHUSUS

Bisnis Startup yang Terkendala Sumber Daya Teknologi, Simak Solusinya!

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Bisnis Startup yang Terkendala Sumber Daya Teknologi, Simak Solusinya!
BERITANUSANTARA.com,- Industri startup sekarang ini sedang marak berkembang di Tanah Air. Perusahaan rintisan berebut tempat dalam memperkenalkan produk-produk mereka yang kreatif dan inovatif.

Bisnis startup dipilih para pengusaha, karena peluang yang masih sangat terbuka lebar untuk mengembangkan usaha dengan berbasis teknologi. Namun ada sedikit kabar kurang menggembirakan, dimana masih banyak pelaku UKM yang masih awam dengan digitalisasi.

Hal tersebut adalah ganjalan yang cukup berarti bagi pertumbuhan industri startup Tanah Air. Melihat adanya ceruk dalam perkembangan usaha rintisan itu, ternyata membuat Telecreative sebagai perusahaan web developer menjadi lebih kreatif dan inovatif lagi.

Telecreative merupakan startup yang bergerak dalam bidang one stop digital service dengan menawarkan berbagai layanan digital dalam program Chief of Technology (COT) seperti pembuatan website, pengerjaan frontend-backend, UI/UX dan juga multimedia.

"Telecreative ini membantu orang yang punya ide untuk membangun startup, karena sekarang kendalanya adalah zaman maju dan orang banyak bikin aplikasi, tapi ternyata orang IT kurang. Jadi sekarang susah cari orang teknologinya," ungkap Reinaldy Agung Pramudita, Chief Marketing officer (CMO) Telecreative kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang, Rabu (14/3).

Sedangkan, lanjut Rei, untuk membangun sebuah sistem dibutuhkan sedikitnya dua orang backend dan satu orang frontend. Selain sulit dalam mendapatkan orang teknologi tersebut, harganya juga cukup mahal.

"Nah Telecreative ini, orang hanya datang membawa ide tentang startup apa yang akan dibuat, lalu dishare ke kita nanti kita bangunkan sistemnya dalam waktu satu bulan selesai. Itu termasuk website juga, dan kita melayani mobile apps. Tapi yang satu bulan itu hanya web saja," tambahnya.

Setelah pengerjaan selesai, ada dua yang ditawarkan menyangkut maintenance yaitu bisa diserahkan kepada Telecreative atau ditangani oleh perusahaan itu sendiri.

Seiring perkembangan kebutuhan perusahaan terhadap teknologi dalam mengembangkan bisnisnya, maka pada tahun 2018 Telecreative mengeluarkan produk baru bernama IT Partner Solution for Company.

"Karena banyak juga company yang membutuhkan bantuan dari sisi IT development, jadi kami membuka satu layanan lagi namanya IT Partner Solution for company. Jadi kita berpartner untuk membantu company menyelesaikan masalah IT atau mendevelopt divisi IT mereka," ungkap Yosef Ernesto G Sitorus, Chief Operational Officer (COO) Telecreative.

Saat ini Telecreative menyediakan kemudahan dalam pembayaran untuk program COT yaitu perusahan dapat membayar dengan mencicil.

"Untuk startup atau COT, kita ada kemudahan cicilam yaitu 30 persen DP (down payment), itu sudah kita bikinkan satu bulan jadi produknya, lalu 70 persen sisanya bisa dicicil selama enam bulan," tambah Yosef. (Ganest)
News Update