BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Jumat | 02 Februari 2018 | 11:58:42 WIB

EKONOMI

Direktur Fintech OJK ungkap Teknologi BLOCKCHAIN ZOO Dapat Membantu Perbankan

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Direktur Fintech OJK ungkap Teknologi BLOCKCHAIN ZOO Dapat Membantu Perbankan
BERITANUSANTARA.com,- JAKARTA - Mendengar istilah Blockchain terasa asing bagi orang umum, namun begitu mendengar kata bitcoin, tentu orang mengerti.

Bahkan, sejumlah orang mengaitkan keduanya padahal Bitcoin tak melulu harus berhubungan dengan Blockhain, dan Blockhain semata-mata bukanlah Bitcoin.

"Kami menggarisbawahi satu hal yang orang Indonesia masih belum sadar. Bitcoin itu emang Blockchain, tapi Blockchain bukan Bitcoin," kata Chairman of the Board Blockchain Zoo Pandu Sastrowardoyo di Jakarta, Kamis (01/02/2018).

Sementara dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Roberto Akyuwen selaku Analis Eksekutif Senior Pada Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV (DKB-IV) mengatakan bahwa dari slot teknologi kami mendorong BlockChain Zoo untuk dapat bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

"Blockchain itu adalah sebuah teknologi yang bisa amat powerful dan aplikasinya banyak sekali. Cryptocurrency seperti bitcoin itu hanya bagian kecil dari potensi Blockchain," katanya.

"Disamping itu teknologi BlockChain Zoo ini tidak mematikan ataupun mengganggu kinerja para mitra perbankan yang sudah ada," tambah Roberto lagi.

Aplikasi Blockchain bisa digunakan dalam kerjasama antar Bank Pembangunan Daerah, mulai dari anti-Fraud, Letter of Credit, Audit & Compliance, Supply Chain Management, bahkan ATM Switching," katanya.

"Data yang dikumpulkan dapat dibaca oleh beberapa database sehingga aman dan efektif digunakan segala lapisan industri, salah satunya industi perbankan," jelas Pandu.

Blockchain Zoo menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mensosialisasikan teknologi Blockchain ke perbankan daerah (Bank Pembangunan Daerah/BPD) yang nantinya akan difasilitasi oleh pihak OJK.

Blockchain Zoo, lanjut Pandu, dengan kata lain sudah mendapatkan sebuah persetujuan dari OJK mengenai sistem teknologi desentralisasi untuk bank-bank daerah dibawah Asbanda.
News Update
  • Waskita Klarifikasi Kecelakaan Tol Becakayu

    MEGAPOLITAN | 20 Februari 2018 | 11:26 WIBJakarta(BN)-PT Waskita Karya (Persero) Tbk memberikan klarifikasi pemberitaan yang kadung beredar. Bahwa bukan tiang pancang proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang jatuh melainkan
  • Sambut Imlek, Pegipegi Hadirkan Program TEBAR HOKI

    LIFESTYLE | 15 Februari 2018 | 03:31 WIBJakarta, Kamis (15/2/18), Meriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2018, perusahaan online travel agent "Pegipegi" kembali hadirkan penawaran menarik melalui program "Pegipegi Tebar Hoki". Program ini