BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Selasa | 09 Januari 2018 | 21:51:54 WIB

EKONOMI

Raih ISSO BIG Terapkan Standar InternasionaL IT

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
 Raih ISSO BIG Terapkan Standar InternasionaL IT
BERITANUSANTARA.com,- Bogor(BN) - Badan Informasi Geospasial (BIG) berhasil meraih sertifikasi ISO/IEC 20000 terkait manajemen dan layanan teknologi informasi (TI) pada periode tahun 2017. BIG adalah Instansi Pemerintah ke dua yang mendapat ISO/IEC 2000 setelah kementrian keuangan karena telah complay dengan ISO/IEC 2000.

Kepala BIG, Hasanuddin Z Abidin mengatakan, BIG Perlu menerpakan Standar Iinternasional dalam pengelolahan layanan IT, ISO 2000 adalah standar yang di peruntukan untuk sertifikasi terkait layanan internet, surat elektronik (email) dan could system. "Bagi kita tanggung jawab BIG menjadi lebih berat, kita harus menjaga sertifikasi ISO ini," kata Zainuddin, di Bogor, Selasa (9/1).

Hasanudin menambahkan ISO 20000 adalah standar yang diperuntukan untuk sertifikasi manajemen TI. Standar ini dimaksudkan agar organisasi berpondasi pada teknologi informasi dan mampu menerapkan praktik terbaik yang ditetapkan secara internasional.

Manfaat dari pemenuhan ISO/IEC 20000 adalah layanan TI dilakukan sesuai standar internasional dan memastikan kebutuhan pengguna terpenuhi dan berkelanjutan.

"BIG secara undang-undang punya tugas mengumpulkan data informasi geospasial, mengelola, menyimpan dan mendistribusikannya. Manajemen TI harus diperkuat," paparnya.

Apalagi penyelenggaraan informasi geospasial atau pemetaan nasioanal berkaitan erat dengan penggunaan teknologi informasi.

Melalui sertifikasi ISO ini, BIG adalah instansi pemerintah kedua setelah Kementerian Keuangan yang telah terlebih dahulu meraih ISO/IEC 20000.

Direktur Sales dan Marketing BSI, Rudi Antoni mengungkapkan, sebelum menyerahkan sertifikasi ISO, BSI terlebih dahulu melakukan audit melihat kesiapan sistem dan layanan serta unsur lain seperti sumber daya manusia.

"Tiap tahun kita akan datang untuk melihat apakah implementasi layanan masih berjalan dan ada perbaikan. Tidak ada istilah setelah raih ISO kemudian berhenti memberikan layanan berkualitas,"Ujar Hasan.
News Update