BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Selasa | 21 November 2017 | 11:09:13 WIB

NASIONAL

Sri Sultan HB X Bawakan Materi Kearifan Lokal dalam Simposium Nasional Kebudayaan Hari ke ll

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Sri Sultan HB X Bawakan Materi Kearifan Lokal dalam Simposium Nasional Kebudayaan Hari ke ll
BERITANUSANTARA.com,- Jakarta, Selasa (21/11) Kegiatan Simposium Nasional Kebudayaan memasuki hari ke-2. Setelah kemarin dihadiri dan dibuka langsung presiden RI Ir. H. Joko Widodo, hari ini menghadirkan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan bertema "Pembangunan Karakter Bangsa Untuk Melestarikan dan Mensejahterakan NKRI Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945" ini.

Sri Sultan membawakan materi bertajuk "Pendayagunaan Kearifan Lokal Dalam Memperkuat Semangat Kebangsaan." Dalam pemaparannya, Sri Sultan HB X menyampaikan,"Kearifan lokal merupakan pengetahuan yang berevolusi dan diunggulkan sebagai pengetahuan yang benar berhadapan dengan standar saintisme modern."

Sains modern dianggap memanipilasi alam dan kebudayaan dengan mengobjektifkan semua segi kehidupan alamiah dan batiniah, yang menganggap nilai dan moralitas sebagai unsur yangvtidak relevan untuk memahami ilmu pengetahuan.

Lebih jauh dirinya (Sri Sultan HB X) juga menjelaskan, berbeda dengan sains modeen yang berdasarkan fakta-fakta yang diukur sebagai dasar penyusunan pengetahuan, kearifan lokal menolak terhadap kebudayaan teknologis dannjustru mengembalikan nilai dan moralitas sebagai pokok pengetahuan berdasarkan kebenaran pada tradisi.

"Di dalam khasanah budaya-budaya etnik Nusantara tersebar banyak sekali nilai-nilai keunggulan budaya lokal, yang jika diberi ruh baru dan direvitalisasi akan mampu memberikan kontribusi dalam merekat semangat kebangsaan, sekaligus menjawab tantangan budaya global."

Serupa dengan pernyataan presiden Jokowi mengenai pentingnya melestarikan nilai-nilai ke-indonesiaan ditengah cepatnya perubahan global yang dapat menggerus nilai-nilai ke-indonesiaan, Sri Sultan juga menekankan pentingnya pendayagunaan kearifan lokal guna memperkuat semangat kebangsaan.
News Update
  • Waskita Klarifikasi Kecelakaan Tol Becakayu

    MEGAPOLITAN | 20 Februari 2018 | 11:26 WIBJakarta(BN)-PT Waskita Karya (Persero) Tbk memberikan klarifikasi pemberitaan yang kadung beredar. Bahwa bukan tiang pancang proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang jatuh melainkan
  • Sambut Imlek, Pegipegi Hadirkan Program TEBAR HOKI

    LIFESTYLE | 15 Februari 2018 | 03:31 WIBJakarta, Kamis (15/2/18), Meriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2018, perusahaan online travel agent "Pegipegi" kembali hadirkan penawaran menarik melalui program "Pegipegi Tebar Hoki". Program ini