BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BNC Like Like Like Like
Minggu | 16 Juli 2017 | 12:56:46 WIB

Kaltara

Buka STQ 2017, Menteri Lukman Serukan Pencegahan Tindakan Radikal dan Ekstrem

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Buka STQ 2017, Menteri Lukman Serukan Pencegahan Tindakan Radikal dan Ekstrem
BERITANUSANTARA.com,-

Newstara.com TARAKAN - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saipuddin membuka pagelaran Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-24 di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dan menyerukan adanya pencegahan segala tindakan-tindakan radikalisme dan ekstremisme dengan mengacu pada isi Alquran sebagai pedoman hidup umat muslim.






"Iya tentu secara langsung dan tidak langsung bisa kita wujudkan selalu dalam perlombaan ini, karena ada tilawah juga dan bacaan Alquran juga serta ada hafalan-hafalan, sehingga isi dari Alquran itu sendiri harapannya umat Islam dan tentu menjauhkan tindakan radikal dan ekstrem," tuturnya kepada awak media sesaat setelah pembukaan STQ ke-24 pada Sabtu malam, (15/07/2017) di halaman masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan.






Menteri Lukman berharap sebagai bangsa dan negara yang memiliki pemeluk agama Islam terbesar di dunia, maka sudah selayaknya masyarakatnya secara keseluruhan dapat menjaga keharmonisan dan keamanan sehingga tercipta masyarakat yang berpedoman kepada Alquran.






"Isi dari Alquran itu harus menjadi pedoman untuk kita berbangsa dan bernegara serta dalam bermasyarakat," tuturnya.






Menurutnya, tantangan STQ adalah bertujuan dalam meningkatkan seni baca Alquran sebagai persiapan MTQ tingkat internasional atau mancanegara yang digelar setiap tahunnya, dengan tujuan lain secara strategis adalah untuk mendorong umat Islam untuk mencintai agamanya, dan mencintai Alquran serta merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 






"Penyelenggaraan MTQ dan STQ sama-sama memiliki nilai positif dan nilai Islami dalam mengkokohkan kehidupan nusa dan bangsa serta kerukukanan umat beragama, Indonesia negeri muslim di dunia paling sering menyelenggarakan musabaqoh Alquran secara rutin mulai dari tingkat desa ke tingkat nasional dan memiliki sinergi dalam baca tulis Alquran serta mengaji dan menggalakkannya," tuturnya.






Lukman menjelaskan para peserta yang hadir dalam STQ 2017 di Tarakan ini merupakan peserta-peserta dengan nominasi terbaik setelah sebelumnya melalui seleksi di daerahnya masing-masing. Bahkan, juara-juara dalam STQ 2017 ini nantinya akan mewakili Indonesia sebagai Musabaqoh Tilawatil Qurnan tingkat Internasional.






"Kita menginginkan para peserta akan menginspirasi muslim di dunia dalam memfungsikan serta menterjemahkan Alquran dalam kehidupannya sehari-hari, serta bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya," ujarnya.






Menurutnya, STQ yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali dan Majelis Tilawatil Quran (MTQ) yang juga digelar setiap 2 tahun sekali, sehingga di daerah yang akan ditunjuk nanti akan digelar acara setiap tahunnya.






"STQ kan 2 tahun sekali, begitu juga MTQ 2 tahuns ekali, jadi kita selenggarakan acara seperti ini setiap tahun, tergantung nanti daerah mana yang akan ditujuk, melalui mekanisme rapat dari seluruh pihak, biasanya menjelang penutupan nanti ada rapat untuk membahas daerah mana lagi ini yang STQ ke 25 nya," tutur Menteri Lukman Hakim.






Reporter: Yoko Handani

Komentar ...
News Update
  • Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahrir Indonesia

    NASIONAL | 08 Mei 2017 | 15:04 WIBPemerintah memutuskan membubarkan dan melarang kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan
  • Panglima TNI Tegaskan Tak Bisa Diajak Kudeta Jokowi

    NASIONAL | 05 Mei 2017 | 11:35 WIBPanglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan kembali bahwa tak ada upaya makar terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo seperti yang digembar-gemborkan sebuah pemberitaan. Jika memang
  • Imparsial Minta Panglima TNI Diganti

    NASIONAL | 03 Mei 2017 | 12:34 WIB Imparsial meminta Presiden Joko Widodo untuk mengganti Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo. "Pergantian panglima itu harus dilakukan. Hal yang paling penting
  • 5 Cara Menikmati Pameran IIMS 2017 yang Menyenangkan

    EKONOMI | 03 Mei 2017 | 12:00 WIBBerkunjung ke pameran besar sekaliber Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 harus punya trik tersendiri agar lebih nyaman dinikmati. Sebab, lahan empat Hall JI Expo Kemayoran dan area