BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Senin | 19 Juni 2017 | 03:52:44 WIB

LIPUTAN KHUSUS

Helikopter Siap Menjadi Alat Transportasi Alternatif di Indonesia

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Helikopter Siap Menjadi Alat Transportasi Alternatif di Indonesia
BERITANUSANTARA.com,- Tren pemanfaatan helikopter tidak hanya menjadi konsumsi golongan masyarakat tertentu saja (eksklusif). Helikopter yang sebelumnya hanya populer digunakan oleh konsumen kelas atas, sekarang dapat menjadi transportasi alternatif bagi siapapun (inklusif).

"Citra yang terbangun bahwa helikopter masih menjadi transportasi eksklusif. Padahal, saya mau bilang, helikopter di banyak negara digunakan sebagai public service," kata CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja di Jakarta, Minggu 18 Juni 2017.

PT Whitesky Aviation sebagai operator helikopter mempunyai lini bisnis yang melayani transportasi dalam serta antar-kota (HELICITY – Helicopter City Transportation), kebutuhan medis (HELIMEDIC), dan tur (HELITOUR).

Sementara layanan HELICITY disesuaikan dengan kebutuhan individu dan kelompok yang menuntut transportasi cepat dan efisien untuk mendukung bisnis mereka. HELICITY bisa menjadi pilihan utama bagi individual maupun perusahaan yang menuntut mobilitas tinggi dalam aktivitasnya.

"Mengingat kepadatan lalu lintas di Jakarta, helikopter boleh jadi solusi yang tepat untuk mengatasinya," tuturnya.

Pertumbuhan layanan helikopter sangat tergantung dukungan banyak pihak, baik pemerintah maupun swasta. Dukungan tersebut akan mengkatalisasi peran helikopter semakin besar. Tidak hanya untuk trasnportasi perkotaan, tapi bisa untuk kepentingan publik.

Untuk meningkatkan utilisasi helikopter, peran AirNav Indonesia dan Direktorat Navigasi Perhubungan (DNP) sangat penting. Oleh karena itu, Denon terus melakukan diskusi secara kontinyu dengan pihak-pihak tersebut. Sambutannya positif. Hal tersebut diindikasikan dengan sedang dilakukannya studi terhadap 10 koridor yang dalam waktu dekat akan dilakukan uji coba terbang malam.

Koridor tersebut meliputi area kota Jakarta dan Bodetabek. Pengaturan penerbangan helikopter terbang malam terus mengalami perkembangan yang positif. Kajian mengenai pembatasan jam terbang malam masih berlanjut pembahasannya. Denon menyadari bahwa semua itu membutuhkan waktu dan proses. (yd)
Komentar ...
News Update