BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Jumat | 09 Juni 2017 | 04:20:10 WIB

GAYAHIDUP

Wisata Halal Masih Membutuhkan Promosi yang Banyak

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Wisata Halal Masih Membutuhkan Promosi yang Banyak
BERITANUSANTARA.com,- Jumlah kunjungan wisatawan muslim untuk segmen wisata halal di Indonesia masih sangat rendah. Hanya sebesar 2,2 juta dari total 117 juta wisatawan muslim yang berwisata ke indonesia menurut Global Muslim Travel Index pada 2015 lalu. Jauh di bawah Malaysia yang pada tahun sama telah mencapai lebih dari 6 juta kunjungan wisatawan muslim.

"Sebagai negara muslim terbesar dengan potensi wisata halal yang juga besar junlah wisatawan muslim ke Indonesia memang masih memprihatinkan," ujar co-founder Halal Travel Consorsium, Ananto Pratikno, dalam diskusi Temu Bisnis Wisata Halal, di Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

Ananto mengatakan, salah satu yang menyebabkan rendahnya minat wisatawan muslim ke Indonesia karena minimnya promosi yang dilakukan pemerintah. Karena hal itu, umumnya wisatawan dari negara-negara Timur Tengah masih tetap memilih untuk berwisata ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura tanpa dilanjutkan singgah ke Indonesia.

"Branding nama Indonesia sebagai destinasi wisata halal belum maksimal meski telah mendapatkan banyak penghargaan wisata halal. Selain itu, kemampuan pebisnis travel Indonesia dalam mempromosikan paket juga kalah dengan negara lain," ujar Ananto.

Ia mengatakan, di tengah persaingan bisnis dan kemajuan teknologi yang pesat, masih banyak pebisnis travel Indonesia yang belum mengerti cara promosi efektif di dunia maya. Padahal, hal tersebut menjadi modal yang sangat dibutuhkan dalam menjaring calon wisatawan.

"Pebisnis travel halal dan pemerintah harus bekerja sama membuat peta karakteristik wisatawan muslim untuk menentukan langkah selanjutnya dalam menjaring peminat wisata halal," ujar Ananto.

Selain itu, kerja sama dengan pebisnis travel negara tetangga juga menjadi hal yang harus dilakukan. Seperti membuat paket wisata yang terkoneksi antara Kuala Lumpur dan beberapa destinasi wisata halal Indonesia, seperti Lombok dan Aceh. (yd)
Komentar ...
News Update