BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Rabu | 03 Mei 2017 | 09:44:55 WIB

EKONOMI

BI Prediksi DKI Jakarta Alami Inflasi di Mei 2017

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
BI Prediksi DKI Jakarta Alami Inflasi di Mei 2017
BERITANUSANTARA.com,- ReportaseIndonesia.com - Jakarta, Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta memperkirakan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Mei 2017 akan mengalami inflasi. Hal ini sebagaimana memerhatikan kebijakan pemerintah terkait harga-harga komoditas energi serta perkembangan harga-harga dan pantauan terhadap beberapa komoditas di pasar-pasar di Jakarta.

Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Doni P Joewono mengatakan, pencabutan subsidi listrik 900 VA tahap III yang dilakukan di awal Mei 2017 ajdi salah satu faktor penyebabnya. Adapun perkembangan harga pangan akan menjadi perhatian, karena terdapat potensi meningkatnya tekanan permintaan, sesuai polanya mendekati bulan Ramadan dan Lebaran.

"Untuk menghadapi meningkatnya tekanan permintaan masyarakat terhadap bahan-bahan pangan jelang bulan Ramadan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jakarta," ujar dia, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Dirinya menambahkan, langkah awal yang telah dilaksanakan adalah pemetaan kebutuhan bahan pangan masyarakat selama bulan puasa dan masa Lebaran. Hal ini penting untuk dapat mengetahui volume bahan pangan yang perlu tersedia bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Doni menjelaskan, jika berdasarkan hasil pemetaan ini telah disusun strategi manajemen stok pangan, pengadaan, serta distribusi pangan yang efektif. Dalam menjalankan strategi tersebut TPID Jakarta melakukan koordinasi yang semakin intens tidak hanya dengan BUMD pangan, tetapi juga dengan Kementerian terkait.

"Dengan berbagai upaya tersebut Jakarta akan siap melayani kebutuhan pangan pokok masyarakat selama bulan Ramadhan dan Lebaran secara cukup dalam kuantitas, terjaga kualitasnya dan terjangkau harganya. Hal tersebut kemudian akan berdampak positif pada tetap terjaganya inflasi Jakarta secara khusus, dan inflasi nasional secara umum," pungkasnya. (dn)
Komentar ...
News Update