BERITANUSANTARA.com
FOLLOW BERITA NUSANTARA Like Like Like Like
Selasa | 04 April 2017 | 06:14:52 WIB

TEKNOLOGI

Pengguna Internet Indonesia Jarang Mengganti Password

REDAKSI - BERITANUSANTARA.COM
Pengguna Internet Indonesia Jarang Mengganti Password
BERITANUSANTARA.com,- ReportaseIndonesia.com - Jakarta, Perusahaan keamanan digital Avast melakukan survey terhadap 700 orang Indonesia untuk mencari tahu bagaimana mereka menilai dan melindungi data di akun online mereka.

Berdasarkan hasil survey, email masih menjadi layanan online yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, yaitu sebanyak 47,1 persen, oleh Facebook sebesar 29,5 persen. 

Tidak hanya sebagai layanan online yang paling banyak digunakan, email juga dianggap penting oleh hampir setengah pengguna di Indonesia. Sebanyak 97,6 persen orang Indonesia mengklaim memiliki data berharga pada akun online mereka. Sayangnya, tingkat kesadaran akan keamanan digital di masyarakat Indonesia masih sangat kurang.

Lebih dari 35 persen orang Indonesia tidak pernah mengganti password mereka, meskipun telah diperingati tentang adanya pembobolan data. Sebanyak 66,3 persen pengguna bahkan diketahui mengganti password pada website yang diretas namun tindakan serupa tidak dilakukan untuk website lain.

Hal tersebut sangat mengkhawatirkan karena penjahat siber sering menggunakan informasi pribadi yang didapatkan melalui pembobolan data ke akun lain dengan harapan akun lain tersebut menggunakan password yang sama.

Database yang berisi data curian sering muncul di darknet setelah beberapa tahun terjadinya pembobolan data, mengincar penjahat cyber lain untuk membelinya dan menyalahgunakannya lebih lanjut. Inilah sebabnya, jika mengganti password secara rutin merupakan hal yang penting dan tidak harus menunggu ketika sudah terjadi kebocoran data yang sudah disebar.

Cara lain adalah menggunakan password manager, yaitu sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda dengan menghasilkan password kuat dan unik untuk semua akun Anda serta dengan mudah mengganti password secara rutin. Sayangnya, hanya 3,2 persen dari responden yang menggunakan password manager untuk melindungi akun mereka.

Kita sering berbagi informasi pribadi di Internet setiap harinya, baik itu yang disadari ataupun tidak. Anda mungkin menganggap tidak ada suatu hal yang disembunyikan atau Anda tidak keberatan jika seseorang membaca pesan pribadi Anda. Namun, coba bayangkan jika informasi pribadi tersebut dijadikan alat untuk memeras Anda?

Dengan merangkai informasi yang terkumpul, hacker dapat mencuri identitas Anda atau uang dari akun online Anda. Mereka dapat menjadi ancaman serius dengan mengunci akun Anda sehingga tidak dapat diakses, menghapus informasi di akun Anda atau bahkan bertindak lebih jauh seperti menghubungi orang lain dengan mengatasnamakan diri Anda. 

Tidak ada batasan sejauh apa penjahat siber dapat menyalahgunakan data yang Anda bagikan dan simpan di akun online. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah yang tepat demi mengamankan data pribadi Anda. (yd)
Komentar ...
News Update